Friday, August 29, 2014

Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Pada malam hari ini kami akan memberikan artikel mengenai penyakit diabetes Melitus lebih jelasnya tentang Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus baiklah langsung saja berikut artikelnya
Pengertian dari Diabetes mellitus (atau kencing manis) adalah suatu kondisi kronis, yang mempengaruhi kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan energi yang ditemukan dalam makanan.dalam pengertian yang lainnya diabetes melitus merupakan   kelainan metabolik yang disebabkan oleh banyak faktor, dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:


  1. defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.[2]
  2. defisiensi transporter glukosa.
  3. atau keduanya

Penyakit diabetes sendiri mempunyai beberapa jenis yaitu diabetes tipe 1 diabetes tipe 2 dan diabetes gestasional

Gambar Penderita diabetes melitus


 gambar diabetes melitus 1
 gambar diabetes melitus 2
 gambar diabetes melitus 3
 gambar diabetes melitus 4
 gambar diabetes melitus 4
 gambar diabetes melitus 5
 gambar diabetes melitus 6
gambar diabetes melitus 7



Diabetes tipe 1

Diabetes tipe 1 juga disebut diabetes anak-anak , karena sering dimulai pada masa kanak-kanak.

Diabetes tipe 1 adalah kondisi autoimun. Ini disebabkan oleh tubuh yang  menyerang pankreas sendiri dengan antibodi. Pada penderita diabetes tipe 1, pankreas yang rusak tidak membuat insulin.

Diabetes tipe ini dapat disebabkan oleh kecenderungan genetik. Hal ini juga bisa menjadi hasil dari sel-sel beta di pankreas yang rusak yang biasanya memproduksi insulin.

Sejumlah risiko medis yang terkait dengan diabetes tipe 1. Banyak dari mereka berasal dari kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata Anda (disebut retinopati diabetik), saraf (neuropati diabetik), dan ginjal (nefropati diabetik). Bahkan dapat  meningkatnya risiko penyakit jantung dan stroke.

Diabetes tipe 2

Diabetes Mellitus Tipe 2 adalah kondisi medis yang ditandai dengan ketidakcukupan atau gangguan fungsi insulin. Insulin adalah suatu hormon yang mengatur ambilan glukosa, sumber energi yang penting untuk tubuh. Tanpa insulin, glukosa tidak dapat memasuki sel dan tetap berada di dalam aliran darah, menyebabkan kadar glukosa darah tinggi.

 Penyebab gejala, seperti peningkatan rasa haus dan berkemih, rasa lelah dan kehilangan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Diabetes tipe 2 sering ditemukan pada orang-orang yang kelebihan berat badan karena kadar lemak yang tinggi, terutama pada daerah perut, diketahui menyebabkan tubuh menjadi resisten terhadap efek insulin (resistensi insulin). Oleh karena itu, meskipun insulin ada, tubuh tidak mampu berespon terhadap insulin tersebut secara adekuat. Tidak seperti diabetes tipe 1, yang dapat dikendalikan dengan injeksi insulin ke dalam tubuh secara teratur, penderita diabetes tipe 2 biasanya tidak memerlukan injeksi insulin tetapi harus menurunkan berat badan mereka untuk memperbaiki resistensi insulin. Perubahan gaya hidup, seperti berhenti merokok, menghindari minum alkohol, mempertahankan diet sehat dan menghindari makan terlalu banyak makanan bergula, sangat penting untuk mengendalikan diabetes tipe 2. Apabila diabetes tidak terkendali, hal ini dapat menyebabkan komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa, seperti stroke, serangan jantung dan penyakit jantung koroner

Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Pengobatan untuk diabetes tipe 1 melibatkan  insulin, yang perlu disuntikkan melalui kulit ke dalam jaringan lemak di bawah ini. Metode suntik insulin meliputi:

Jarum suntik
Pena insulin yang menggunakan kartrid pra-diisi dan jarum halus
Jet injector yang menggunakan udara bertekanan tinggi untuk mengirim semprot insulin melalui kulit
Pompa insulin yang mengeluarkan insulin melalui tabung fleksibel untuk sebuah kateter bawah kulit perut
Sebuah tes periodik disebut tingkat perkiraan tes glukosa darah A1C dalam darah Anda selama tiga bulan sebelumnya. Ini digunakan untuk membantu mengidentifikasi tingkat kontrol glukosa secara keseluruhan dan risiko komplikasi dari diabetes, termasuk kerusakan organ.

Penderita diabetes tipe 1 dan 2  memerlukan perubahan gaya hidup yang signifikan yang meliputi:



1. Pengaturan gaya hidup sehat

Sangat penting bagi penderita diabetes untuk mengikuti aturan gaya hidup sehat. Penerapan gizi seimbang pada makanan akan berpengaruh pada jumlah kalori yang masuk sehingga turut mempengaruhi kadar gula darah. Olahraga rutin seperti bersepeda, jalan kaki, jogging dan berenang perlu dilakukan untuk membakar kalori dalam tubuh.

2. Pemberian obat hipoglikemik oral (OHO)

Pemberian obat hipoglikemik akan dilakukan apabila dalam jangka waktu dua minggu penerapan diet dan olah raga tidak mampu menurunkan kadar gula darah.

3. Pemberian insulin

Pemberian insulin akan dilakukan oleh tenaga medis apabila kedua cara di atas tidak efektif dalam menurunkan kadar gula

Penderita diabetes seharusnya rajin berkonsultasi untuk mengontrol kadar gula darah. Cara pengobatan diabetes melitus selain dengan ketiga cara di atas juga dapat dengan cara herbal alami. Pencegahan diabetes dengan diet makanan seimbang dan rutin berolahraga, sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari
sampai disini perjumpaan kita dalam artikel mengenai Cara Mengobati Penyakit Diabetes apabila ada pertanyaan yang ingin di tanyakan anda bisa menanyakannya di kolom komentar dii bawah

Ditulis Oleh : pricilia rossa // 5:50 AM
Kategori:

3 comments:

  1. Ngeri juga ya gan. moga kita terhindar dari penyakit seperti ini..
    Kangsigit.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas langsung meluncur ke tkp maksih atas kunjungannya

      Delete
  2. begitu ya ngeri juga ya kalo lihat dampaknya jadi seperti itu

    ReplyDelete